300x250 AD TOP

Kamis, 30 Agustus 2018

Tagged under:

Memperbanyak Shalat

ONE DAY ONE HADITS

Kamis,  30 Agustus 2018 M / 18 Dzulhijjah 1439 H

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

عن أبي عبد الله، ويقال: أَبُو عبد الرحمن ثوبان- مولى رَسُول الله صلى الله عليه وسلم رضي الله عنه، قَالَ: سَمِعْتُ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: ((عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ؛ فَإِنَّكَ لَنْ تَسْجُدَ للهِ سَجْدَةً إلا رَفَعَكَ اللهُ بِهَا دَرجَةً، وَحَطَّ عَنكَ بِهَا خَطِيئةً)). رواه مسلم.

Dari  Abu Abdur Rahman, Tsauban, hamba sahaya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berkata: "Saya mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:
"Hendaklah engkau memperbanyak bersujud (shalat), sebab sesungguhnya ktika engkau  bersujud sekali sujud, maka dengannya itu Allah mengangkatmu satu derajat dan dengan itu pula Allah menghapuskan satu kesalahan dari dirimu."

(Riwayat Muslim)

Kandungan hadits

1- Hadits tersebut  menunjukkan keutamaan  memperbanyak shalat  sunnah.

2.  Shalat Sunnah menjadi sebab Allah akan mengangkat derajat pelakunya  dan menhapus satu kesalahan dari orang tersebut.

3- Hadits tersebut menunjukkan keutamaan sujud karena sujud merupakan amalan yang menampakkan tingginya ketundukan seseorang pada Allah. Ketika sujud, hamba meletakkan anggota tubuhnya yang paling mulia ke tanah untuk dihadapkan pada Allah, Rabb semesta alam.

4- Tidak boleh bagi seorang pun bersujud pada selain Allah, karena sujud adalah hak Allah Ta’ala, sehingga seorang hamba harus menujukannya hanya pada Allah semata. Walaupun dalam syari’at sebelum syariat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dibolehkan untuk sujud pada makhluk sebagai bentuk pengghormatan (bukan sujud ibadah) sebagaimana sujud ayah Yusuf dan saudara-saudaranya ketika menemui Nabi Yusuf.

5. Tidaklah disebut sujud kecuali jika seseorang bersujud dengan menempelkan tujuh anggota tubuhnya (ke tanah), yaitu dahi dan hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua kaki. Jika seseorang tidak meletakkan tujuh anggota tadi pada tanah semisal kedua kakinya diangkat sampai selesai sujud, maka sujudnya tidak sah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku perintahkan untuk sujud pada tujuh tulang …”. (HR. Bukhari no. 812 dan Muslim no. 490)

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

- Tempat yang paling dekat bagi seorang hamba kepada Tuhannya ialah saat ia sedang sujud,

وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ

Dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan). (Al Alaq: 19)

0 comments:

Posting Komentar