300x250 AD TOP

Minggu, 14 Oktober 2018

Tagged under:

Rumah Yang Diberkati

DAY ONE HADITS

Ahad, 15  Oktober  2018 M / 5  Shafar  1440  H .

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

إنَّ البيت ليُتلى  فيه القرآن؛ فيتراءى لأهلِ السماء كما تتراءى النجومُ لأهل الأرض

*"Sesungguhnya rumah yang dibacakan di dalamnya al-Qur'an, maka rumah tersebut akan terlihat oleh para penduduk langit* sebagaimana terlihatnya bintang-bintang oleh penduduk bumi."

[HR. Ahmad,  3112].

Kandungan hadits

1. Keutamaan rumah yang didalamnya ada tilawah Al-Quran adalah malaikat merah mati penduduk rumah tersebut sehingga dikenal penduduk langit.

2. Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang berbahan dasar cahaya, ketika sebuah rumah didalam nya ada tilawah Al-Quran, maka malaikat menaungi dan mengerubuti rumah tersebut dengan sayap rahmatnya.

3. Rumah yang dibacakan Al Quran adalah yang senantiasa akan dihadiri oleh para malaikat dan dijauhkan dari setan. Sebab, kehadiran malaikat di rumah kita akan membawa suasana ketenangan, kelapangan, kedamaian, dan kesejukan.

4. Membaca al-Qur`an sebagai wasilah mengundang  malaikat rahmat akan turun membawa kebaikan dan ketenangan dalam rumah kita. Rumah yang tidak dibacakan al-Qur`an ibaratnya kuburan. Padahal, di dalamnya masih ada penghuninya.

5. "Orang yang membaca al-Qur`an dengan terbata-bata dan ia merasa sulit maka baginya dua pahala.” (Riwayat Muslim)

6. Teladan kita Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan di datangi malaikat, dijauhi setan, dan akan dibanjiri pula kebaikan di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat, dan akan didatangi setan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan al-Qur`an. (Riwayat Ad-Darimi)

7. Al-Qur`an adalah sumber pahala dan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala. “Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur`an, baginya satu pahala dan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. ‘Alif laam miim’ itu bukan satu huruf, namun alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (Riwayat Tirmidzi)

0 comments:

Posting Komentar