300x250 AD TOP

Kamis, 08 November 2018

Tagged under:

Masuk Surga Bukan Karena Amal

ONE DAY ONE HADITH

Kamis, 8 November 2018 M / 30  Shafar 1440  H

بِسْـمِ اللّهِ رَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ « لَنْ يُدْخِلَ أَحَدًا عَمَلُهُ الْجَنَّةَ » . قَالُوا وَلاَ أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « لاَ ، وَلاَ أَنَا إِلاَّ أَنْ يَتَغَمَّدَنِى اللَّهُ بِفَضْلٍ وَرَحْمَةٍ

Sesungguhnya Abu Hurairah berkata, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal seseorang tidak akan memasukkan seseorang ke dalam surga.”

“Engkau juga tidak wahai Rasulullah?”, tanya beberapa sahabat.

Beliau menjawab, “Aku pun tidak. Itu semua hanyalah karena karunia dan rahmat Allah.”

(HR. Bukhari no. 5673 dan Muslim no. 2816)

Kandungan hadits

1. Yang dimaksud seseorang tidak masuk surga dengan amalnya adalah tidak selayaknya merasa bahwa bisa masuk surga karena pahala amalan.

2. Amalan hanyalah sebab tingginya derajat seseorang di surga, namun bukan satu satunya sebab seseorang masuk ke dalam surga.

3. Amalan yang dilakukan hamba sama sekali tidak bisa mengganti surga yang Allah beri.

4.  Amalan bisa terjadi Karena ada hidayah dan taufik dari Allah untuk beramal. Ada hidayah untuk ikhlas pula dalam beramal.  Jadi kita masuk surga bukan semata-mata dengan amalan kita. Amalan kita itu bisa ada karena taufik Allah. Taufik Allah itulah karunia dan rahmat-Nya. Jadinya, amalan itu ada karena karunia dan rahmat-Nya.

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

سَابِقُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أُعِدَّتْ لِلَّذِينَ آَمَنُوا بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

“Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Rabbmu dan surga yang lebarnya selebar langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.”

(QS. Al Hadiid: 21).

0 comments:

Posting Komentar