300x250 AD TOP

Rabu, 20 Februari 2019

Tagged under:

Menjadi Suami Yang Baik

ONE DAY ONE HADITS

Rabu, 20 Februari 2019 / 11 Jumadil Akhir 1440 H.

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

“Kalau seandainya aku (boleh) memerintahkan seseorang untuk sujud kepada seorang yang lain maka akan aku perintahkan seorang wanita untuk sujud kepada suaminya”.

 HR AT-Thirmidzi no 1159, Ibnu Majah no 1853

Kandungan hadits

1. Kehidupan rumah tangga yang yang sakinah mawadah warahmah tentunya merupakan dambaan semua orang. Kehidupan yang dipenuhi ketenteraman jasmani dan rohani, penuh dengan keimanan dan kemesraan. Kondisi tersebut bisa diraih bila masing-masing pasangan bisa menempatkan diri sesuai dengan peran dan fungsi nya.

2. Ketaatan dan kesetiaan seorang wanita menjadi modal utama untuk meraih surga di rumah tangga. Sementara pada diri suami menjadi mutlak untuk menjadi teladan di keluarga. Nabi  Muhammad shallahu ‘alaihi wa sallam, suami teladan umat ini bersabda

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لِأَهْلِي

“Sebaik-baik kalian para suami  adalah yang terbaik bagi istrinya dan aku adalah orang yang terbaik di antara kalian terhadap istriku”.

(HR At-Thirmidzi no 3895 dari hadits Aisyah dan Ibnu Majah no 1977 dari hadits Ibnu Abbas)

3. Keimanan seseorang akan nampak sempurna bila perilaku di rumah tangganya baik

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا

“Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya”. 

(HR At-Thirmidzi no 1162 dari hadits Abu Hurairah dan Ibnu Majah no 1987 dari hadits Abdullah bin ‘Amr)

4. Menjadi seorang suami yang terbaik bagi istrinya merupakan tanda baiknya seseorang, bahkan merupakan tanda sempurnanya keimanan.
Oleh karena itu Imam Malik berkata, “Wajib bagi seorang suami berusaha untuk menjadikan dirinya dicintai oleh istri-istrinya hingga ialah yang menjadi orang yang paling mereka cintai” (Faidhul Qodiir III/496,  Al-Munawi berkata, “Di kitab Tadzkiroh Ibnu ‘Irooq, dari Imam Malik ia berkata….)

Hadits tersebut berpesan jadilah orang yang terbaik bagi pasangan hidupnya agar pesan dari firman Allah Subhanahu wata'ala berikut ini bisa diwujudkan

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجاً لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (الروم : 21 

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

(QS. 30:21)

0 comments:

Posting Komentar