300x250 AD TOP

Senin, 18 September 2017

Tagged under:

Rendah Hati

ONE DAY ONE HADITS
Senen, 18 September 2017/ 27 Dzulhijjah 1438

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قاَلَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إلاَّ عِزَّا وَمَا تَوَضَعَ أَحَدٌ لِلهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللهُ (رواه مسلم)

Abu Hurairah RAA meriwayatkan bahwa Rasulullah Sholallahu a'laihi wassalam bersabda: “Tidak akan berkurang harta seseorang dengan bershadaqah, tidak akan bertambah maaf dari Allah pada seorang hamba kecuali kemuliaan, dan tidak ada sikap tawadhuk (rendah hati) seseorang pada Allah kecuali akan ditinggikan derajatnya. (HR Muslim).

Pelajaran yang terdapat dalam hadits:

1- Rendah hati artinya sikap untuk selalu tidak menonjolkan diri sendiri di hadapan orang lain. Rendah hati juga berarti sikap tidak sombong dan congkak, baik pada diri sendiri maupun orang lain.
2- Sikap rendah hati tidak sama dengan rendah diri. Di dalam rendah hati terdapat sikap optimis dan percaya diri serta bersikap positif (berbaik sangka).
3- Sedangkan rendah diri berkaitan dengan sikap dan mental yang minder, pesimis, dan tidak percaya pada kemampuan diri sendiri.
4- Di dalam hadits di atas disebutkan bahwa seorang hamba yang rendah hati justru akan ditinggikan (derajatnya) oleh Allah. Hal ini berarti bahwa rendah hati berkaitan dengan sikap santun dan tidak sombong, baik di hadapan Allah SWT maupun pada sesama manusia.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:

1- Hamba diantaranya yang dikasihi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala yaitu, yang rendah hati

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “Salam”. (Al-Furqan: 63)

2- Sifat hamba yang dibenci Allah Subhanahu wa Ta'ala yaitu sombong atau tinggi hati.

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا

Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi, dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung. (Al-Isra: 37)

0 comments:

Posting Komentar