300x250 AD TOP

Sabtu, 28 Oktober 2017

Tagged under:

Pembantu yang Jujur

ONE DAY ONE HADIST

SABTU, 28 OKTOBER 2017 M/8 SHAFAR 1439 H

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِالْأَمِيرِ خَيْرًا جَعَلَ لَهُ وَزِيرَ صِدْقٍ إِنْ نَسِيَ ذَكَّرَهُ وَإِنْ ذَكَرَ أَعَانَهُ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهِ غَيْرَ ذَلِكَ جَعَلَ لَهُ وَزِيرَ سُوءٍ إِنْ نَسِيَ لَمْ يُذَكِّرْهُ وَإِنْ ذَكَرَ لَمْ يُعِنْهُ

Dari Aisyah RA, ia berkata; Rasulullah SAW bersabda: "Apabila Allah menghendaki kebaikan pada diri pemimpin maka Allah akan menjadikan baginya menteri (pembantu) yang jujur, apabila ia lupa maka ia akan mengingatkannya dan apabila ia ingat maka ia akan membantunya. Dan apabila Allah menghendaki selain itu (keburukan) pada diri seorang pemimpin maka Allah jadikan baginya menteri (pembantu) yang buruk, apabila ia lupa maka ia tidak mengingatkannya, dan apabila ia ingat maka ia tidak membantunya." (HR Abu Daud No: 2543) Status: Hadis Sahih

Orang yang terpilih menjadi pemimpin, bisa jadi dia itu ketua sebuah organisasi atau kelompok, menjadi kepala sebuah instansi atau bagian, menjadi manager sebuah perusahaan atau dinas, bahkan menjadi presiden, maka kepada orang orang tersebut bila diridhai dan diingini baik oleh Allah SWT akan dikirim pembantu dan wakil yang membackup dalam suka maupun duka, dalam sukses maupun gagal. Pembantu yang mengingatkan bila salah, mendukung bila benar.

Kepemimpinan yang on the right track  menjadi ladang amal baginya, membawa maslahat bagi anggotanya dan  menjadi tabungan kebaikan bagi dia dan kelompoknya untuk bekal di kehidupan selanjutnya.

Pesan  hadits tersebut adalah

1.  Pemimpin memikul tugas dan tanggungjawab yang berat. Pemimpin yang benar dan baik akan di kelilingi   pembanu yang sehat akalnya, yang baik hatinya, dan yang bagus agamanya.

2.  Jika Allah menghendaki  kebaikan kepada pemimpin, maka akan diberikan kepadanya pembantu yang baik dan jujur. Pembantu yang baik, akan berusaha dengan kompetensinya yang ada membantu melaksanakan tugas-tugas ketua dengan cemerlang dan sentiasa diridhai Allah.

3. Sebaik-baik pembantu ialah yang memiliki dua sifat yaitu kuat yang merujuk kepada skill serta kemampuan melaksanakan tugas dan amanah yang merujuk kepada karakter yang tangguh.

Pembantu dan wakil  yang baik memiliki sifat kuat dan amanah seperti firman Allah:

إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَئْجَرْتَ الْقَوِىُّ الاَمِينُ

Sesungguhnya sebaik-baik orang yang engkau ambil bekerja ialah orang yang kuat, lagi amanah. [al-Qasas:26]

https://t.me/seputartarjih.com

0 comments:

Posting Komentar