300x250 AD TOP

Senin, 21 Januari 2019

Tagged under:

Mandiri

ONE DAY ONE HADITS

Senin,  21 Januari  2018 M / 26 Jumadil Akhir  1440 H .

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ عَنْ ثَوْرٍ عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ عَنْ الْمِقْدَامِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ *"مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ وَإِنَّ نَبِيَّ اللَّهِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِه"ِ* رواه البخاري

Dari Al-Miqdam radliallahu 'anhu dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak ada seorang yang memakan satu makananpun yang lebih baik dari makanan hasil usaha tangannya sendiri. Dan sesungguhnya Nabi Allah Daud 'alaihi salam memakan makanan dari hasil usahanya sendiri". HR. Bukhari (w. 256 H)

Kandungan hadits

1.  Rezeki yang didapat dari hasil keringatnya sendiri jauh lebih baik dibandingkan dengan hasil keringat orang lain. 

2. Mengais rezeki dengan mencurahkan daya-upaya, sekalipun tidak membawa hasil, itu tetap dipandang lebih baik disisi Allah Subhanahu wata'ala

3. Semua Nabi yang diutus oleh Allah Subhanahu wata'ala bekerja mencari rezeki  untuk menghidupi diri dan keluarga.

4. Nabi-nabi yang diutus Allah Subhanahu wata'ala tidak mengajarkan cukup hanya dengan berdzikir untuk mengundang rezeki.  Hadis tersebut menginformasikan bahwa Nabi Daud as berjerih payah untuk mengais rezeki.

5. Nabi Daud membagi waktunya menjadi empat bagian. Bagian pertama digunakan untuk bermunajat kepada Allah. Kedua untuk keluarga. Ketiga, waktu untuk memutus kan perkara di antara mereka secara hak dan menasihati mereka satu sama lain. Keempat, wak tu untuk berusaha guna memenuhi kebutuh annya dan orang yang ditanggungnya.

6. Nabi Daud merupakan sosok yang sa ngat tangguh dalam ber ibadah. Dalam HR Bukhari, Nabi SAW pernah mengisahkan keistimewaan ibadah Nabi Daud.
"Sha lat yang paling disukai Allah adalah shalatnya Nabi Daud dan puasa yang paling disukai-Nya adalah puasanya Nabi Daud. Be liau tidur pada pertengahan ma lam, bangun pada sepertiga ma lam, dan tidur kembali pada se per enam malam. Dan, beliau satu hari berpuasa dan satu hari tidak puasa. Beliau juga tidak pernah lari jika bertemu dengan musuh.

7. Nabi Daud pun dikenal sebagai nabi yang teram pil. Tangannya dianugerahi Allah SWT mampu membuat ba ju besi. Ibnu Katsir berkata, Allah telah membantu Nabi Daud dalam mem buat baju besi untuk melindungi para prajurit yang berperang dari musuh. Allah menunjukkan cara untuk membuatnya.

8. Nabi Daud merupakan manu sia perta ma yang membuat baju perang dari besi baja. Sebelum nya, baju perang itu dibuat dari lem pengan logam tipis. Setiap hari Nabi Daud membuat baju besi. Dia pun men jualnya senilai enam ribu dirham. Da lam sebuah hadis disebutkan, "Sesungguh nya sebaik-baik yang dimakan oleh seseorang adalah dari hasil kerja kerasnya. Sesungguhnya Nabi Allah Daud dahulu makan dari kerja kerasnya sendiri. Allah juga mengaruniakannya berupa kekuatan dalam ketaatan."

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

QS. At-Taubah [9]:105

0 comments:

Posting Komentar