300x250 AD TOP

Kamis, 14 Maret 2019

Tagged under:

Surga

ONE DAY ONE HADITS

Kamis,  14 Maret 2019 M / 8 Rajab 1440 H .

بسم الله الرحمن الرحيم
كتاب الجنة وصفة نعيمها وأهلها
باب في دوام نعيم أهل الجنة و قوله تعالى ونودوا أن تلكم الجنة

حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَبِي رَافِعٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ *قَالَ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يَنْعَمُ لَا يَبْأَسُ لَا تَبْلَى ثِيَابُهُ وَلَا يَفْنَى شَبَابُهُ* (رواه مسلم)

.......dari Abu Hurairah (w. 59 H) dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam (w. 11 H) bersabda:
*Barangsiapa masuk surga, ia bersenang-senang dan tidak bersedih, pakaiannya tidak usang dan kemudaannya tidak lenyap."*

H.R. Muslim (w. 261 H)

Kandungan hadits

1. Kehidupan surga  penuh dengan kenikmatan. al-Imam al-Nawawi dalam kitabnya, _Shahih Muslim bi al-Syarh al-Nawawi_ menjelaskan bahwa penghuni surga itu dalam keadaan senang selamanya dan tidak akan pernah merasakan kesusahan sedikitpun.

2.  Surga adalah tempat balasan segala amal baik yang telah dilakukan di dunia yang mana hanya sebagian orang saja yang mampu melaksanakannya.

3. Surga adalah negeri kemuliaan yang abadi, negeri yang penuh dengan kenikmatan yang sempurna, yang tak ada cela sama sekali. Berbagai kenikmatan telah Allah persiapkan di sana. Dalam hadits qudsi, Allah berfirman:
“Aku telah persiapkan untuk hamba-hamba-Ku yang saleh kenikmatan yang tak pernah dilihat mata, tak pernah terdengar oleh telinga, dan tak pernah terbetik di hati manusia.” Kemudian Rasulullah n berkata, “Kalau mau, silakan kalian baca:
“Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka. (as-Sajdah: 17)’.”

(HR. al-Bukhari no. 3244)

0 comments:

Posting Komentar