300x250 AD TOP

Sabtu, 02 November 2019

Tagged under:

Doa Kepada Pengantin

ONE DAY ONE DOA
Sabtu,  2 November  2019 M /  5   Rabiul Awawl 1441 H

Oleh : Dr. Ajang Kusmana, S.Ag., M.Ag.
(Tinggal di Kabupaten Malang Jawa Timur)


بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ
BARAKALLAHU LAKA WA BARAKA ‘ALAIKA WA JAMA’A BAINAKUMA FIIL KHAIRIN

Artinya :”Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan”
Doa tersebut berasal hadis riwayat Abu Hurairah yang dilantunkan Rasulullah ketika hendak mendoakan pengantin baru.
أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا رَفَّأَ إِنْسَانًا إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ بَارَكَ اَللَّهُ لَكَ , وَبَارَكَ عَلَيْكَ , وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْر
Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda, “Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan.”
Hadis tersebut diriwayat Ahmad dan Imam Empat. Kualitas hadis sahih menurut Tirmiz, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban.
Ketika mendengar keluarga atau sahabat menikah, tentu kita juga turut merasakan kebahagiaan. Selain datang ke acara pernikahannya, kita juga dapat memberikan hadiah ataupun ucapan selamat yang penuh doa. Sebagai salah satu orang yang dekat dengan sang pengantin, tentu kita menginginkan rumah tangga mereka langgeng sakinah, mawadah warahmah.  Ketika mendatangi pernikahan seseorang, sebagai orang muslim hendaklah mengucapkan doa kebaikan dan keberkahan.  
Doa keberkahan adalah doa yang berisi harapan untuk bertambah kebaikan. sedangkan menurut imam nawawi dalam syarah shahih muslim menyatakan bahwa berkah memiliki 2 arti yakni 1) tumbuh, berkembang atau bertambah dan 2) kebaikan yang berkesinambungan. asal makna berkah menurutnya “kebaikan yang banyak dan abadi”. 

Berkah menjadi tujuan utama dalam sebuah pernikahan. bahkan doa yang diajarkan rasulullah saw kepada pengantin saat menghadiri walimatul ursy, adalah doa agar pasangan suami istri tersebut berkah dalam kehidupan rumah tangga yang hendak dijalani.
Ciri-ciri pernikahan berkah antara lain:
1. Bertambahnya kualitas keimanan dan ketaatan pasangan setelah menikah.

Shalat dan puasanya seseorang setelah menikah berbeda nilainya ketika ia masih sendirian. Menikah adalah ibadah, tentunya ibadah mahdah atau lainnya yang dilaksanakan ketika menikah akan membawa bertambahnya kebaikan ibadah itu sendiri. shalatnya orang yang sudah berkeluarga diharapkan akan lebih khusyu, tertib dan tenang.
2. bertambahnya potensi amal kebaikan pasangan

Doa tersebut mengandung  3 komponen. berkah untuk suami, berkah untuk istri dan berkah dari berhimpunnya suami istri. pernikahan yang berkah akan membawa sosok muslimah lebih beramal shalih, sosok laki-laki muslim makin berpotensi dan keduanya saling bahu-membahu untuk bekerja sama dalam kebaikan yang lebih besar. mungkin ukuran potensi itu tak selalu diukur dalam jumlah banyak hal yang ia kerjakan karena bagi seorang muslimah apalagi jika sudah menikah dan punya anak akan terbatasi waktunya. namun dengan memiliki satu kemampuan yang bisa diasah dan diandalkan secara terus menerus pasti akan lebih optimal. 

Allah SWT menjamin bahwa orang yang menikah pasti akan dimampukan. Ketika masih jomblo seseorang hanya punya baju yang melekat di badan tapi karena karunia-nya  begitu menikah mampu memiliki rumah, kendaraan atau lainnya. dengan rejeki yang bertambah ia bisa menyekolahkan anak-anaknya, atau membiayai fasilitas yang bermanfaat lainnya.

Keluarga  berkah tidak aka nada teriakan dan percekcokan apalagi selingkuh. Keluarga berkah bukan melulu dalam bentuk materi tapi dalam bentuk kondisi ayah ibu yang sehat dan anak-anak saleh-salehah.
Doa lain yang bisa dibaca sewaktu menikah adalah 


اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ.

“ya allah! sesungguhnya aku mohon kepada-mu kebaikan perempuan atau budak ini dan apa yang telah engkau ciptakan dalam wataknya. dan aku mohon perlindungan kepada-mu dari kejelekan perempuan atau budak ini dan apa yang telah engkau ciptakan dalam wataknya”.

0 comments:

Posting Komentar