300x250 AD TOP

Selasa, 11 Oktober 2022

Tagged under:

Maulid Nabi SAW.: Membenahi Dunia dengan Islam

Oleh: Titi Hutami

Jangan menutup mata, bahwa kelahiran Nabi Muhammad saw. membawa perubahan besar bagi umat manusia di muka bumi ini. Penyembahan terhadap patung, berhala, dan benda apapun, beralih pada penyembahan Allah SWT. semata. Tatanan hidup yang teratur dan manusiawi sangat nyata dirasakan oleh umat Islam. Bahkan perkembangan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi terinspirasi bersama ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad saw.

Berbeda dengan hari ini, manakala umat diatur dengan sistem hidup buatan manusia, seperti sistem kapitalisme dan sosialisme komunisme, kondisi umat manusia memprihatinkan. Negara lemah dihalangi untuk maju oleh negara kuat. Kekayaannya dikuras. Utang dijadikan solusi utama, sehingga terwujud ketergantungan negara lemah terhadap negara kuat. Bahkan negara lemah harus siap menjadi budak negara kuat.

Solusi untuk mengembalikan negara lemah agar tidak diinjak-injak terus menerus oleh negara kuat, hanya satu cara, yakni mengembalikan sistem Islam dalam negara khilafah. 

Dalam perjalanan khilafah selama 12 abad, tidak ada bukti sistem Islam menzalimi negara lain yang lemah. Sebaliknya, negara lemah yang ditaklukan khilafah, penduduknya diberi kehidupan layak, dicerdaskan, dan diangkat derajatnya dengan akhlak mulia.

Terbukti Islam menjadi sumber kebaikan bagi semua umat manusia. Jadi, sangat wajar kecintaan pada Nabi saw. tumbuh pada dada kaum muslimin.

Mencintai Nabi saw. berbeda dengan mencintai orang tua, anak, sahabat, suami/istri, dan yang lainnya. Mencintai Nabi saw harus ditampakkan dalam sikap nyata. Yakni mempelajari ajarannya. Mengamalkan ajarannya. Mendakwahkan dan memperjuangkan penerapan ajarannya secara menyeluruh. Ini sebagai wujud meneladani Nabi saw.

QS Al Ahzab ayat 21:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasûlullâh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allâh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allâh [al-Ahzâb/33:21]

Keteladanan Rasulullah saw. sudah sepenuhnya diduplikat oleh para Sahabat. Hal itu dilakukan langsung sepeninggal Rasul saw. Mereka membangun kekhilafahan dan mengangkat Abu Bakar sebagai khalifah pertama. Dilanjutkan dengan khalifah-khalifah berikutnya.

Kewajiban umat Islam hari ini membangun kembali kekhilafahan yang sudah ditumbangkan oleh Kemal Attaturk dengan bantuan Inggris. Inilah agenda umat Islam yang harus diperjuangkan.

Khilafah akan tegak bersama dengan penerapan aturan Islam secara utuh. Dipastikan khilafah nantinya akan kembali menjadi sumber kebaikan seluruh dunia. Semua kezaliman akan ditumpas oleh khilafah. Sehingga umat manusia di dunia akan merasakan keamanan, ketentraman, kesejahteraan, dan kedamaian. Tanpa pandang muslim atau non muslim. Karena ajaran Islam yang dibawa Rasulullah saw mengantarkan rahmat bagi seluruh alam.

Mari ikut andil dalam tegaknya khilafah, sebagai wujud cinta kita pada Rasulullah saw.

0 comments:

Posting Komentar