300x250 AD TOP

Rabu, 07 Februari 2018

Tagged under:

Ketika Do'a Tidak Didengar

ONE DAY ONE HADIST

Rabu,  7 Februari  2018 M / 21 Jumadil Awwal 1439 H

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَتَأْمُرُنَّ بِالْمَعْرُوفِ وَلَتَنْهَوُنَّ عَنْ الْمُنْكَرِ أَوْ لَيُوشِكَنَّ اللَّهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَابًا مِنْهُ ثُمَّ تَدْعُونَهُ فَلَا يُسْتَجَابُ لَكُمْ

Dari Hudzaifah bin Al Yaman dari Nabi SAW baginda bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, hendaknya kalian melakukan amar makruf dan nahi mungkar (menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran)  atau jika tidak niscaya Allah akan mengirimkan siksaan dari sisi-Nya kepada kalian, kemudian kalian memohon kepada-Nya namun doa kalian tidak lagi dikabulkan."
(Sunan Tirmidzi No: 2095) Status: Hadis  Sahih

Kandungan hadits

1.  Setiap Muslim diperintahkan untuk menyampaikan dakwah, mengajak orang lain melakukan kebaikan dan dalam waktu bersamaan mencegah segala bentuk kemungkaran.

2.  Jika kemungkaran yang berlaku dibiarkan tanpa ada usaha untuk mencegah, ancaman Allah Subhanahu wata'ala akan menurunkan azab terhadap mereka. Firman Allah:

وَٱتَّقُواْ فِتۡنَةٗ لَّا تُصِيبَنَّ ٱلَّذِينَ ظَلَمُواْ مِنكُمۡ خَآصَّةٗۖ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلۡعِقَابِ ٢٥

“Dan peliharalah diri kalian dari fitnah yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kalian, dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.” (QS. Al-Anfaal: 25)

3.  At-Thabari menyampaikan sebuah riwayat dari Ibn ‘Abbas tentang ayat ini, Ibn ‘Abbas berkata: “Allah memerintahkan orang-orang yang beriman untuk tidak mendiamkan kemungkaran yang tampak di hadapan mereka, jika demikian (tetap mendiamkan) maka Allah akan menimpakan azab yang berlaku kepada umum.

4. Anjuran untuk kebaikan tidak bisa berdiri sendiri, melainkan harus bergandengan tangan dengan upaya mencegah kemungkaran, atau Allah  tidak akan mengabulkan doa pihak yang hanya shaleh untuk diri dan keluarga nya saja, sementara abai dan cuek terhadap kemaksiatan yang bergentayangan disekitar nya.

0 comments:

Posting Komentar