300x250 AD TOP

Selasa, 06 Maret 2018

Tagged under:

Penyebab Masuk Surga dan Neraka

ONE DAY ONE HADIST

Selasa,  6 Maret  2018 M / 19 Jumadil Akhir 1439 H .

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَكْثَرُ مَا يُدْخِلُ الْجَنَّةَ قَالَ التَّقْوَى وَحُسْنُ الْخُلُقِ وَسُئِلَ مَا أَكْثَرُ مَا يُدْخِلُ النَّارَ قَالَ الْأَجْوَفَانِ الْفَمُ وَالْفَرْجُ

Dari Abu Hurairah RA dia berkata; Nabi SAW pernah di tanya; " Apakah perkara yang paling banyak menyebabkan manusia masuk syurga?" Jawab baginda: "Takwa kepada Allah dan memiliki akhlak yang terpuji." Dan baginda ditanya lagi; "Apakah perkara yang paling banyak menyebabkan manusia  masuk neraka?" Baginda menjawab: "Dua rongga yang terbuka yaitu mulut dan kemaluan."

(HR Ibnu Majah No: 4236)
Status: Hadis Hasan

Kandungan hadits

1.  Dua perkara yang menjadi penyebab paling banyak manusia masuk surga adalah sifat takwa kepada Allah dan memiliki akhlak yang terpuji.

2.  Orang yang bertakwa adalah orang yang paling mulia di sisi Allah. Firman Allah:

إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ

Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu (bukan karena keturunan,  bangsa, pangkat dan kedudukannya).
(Hujurat: 13)

At-Thobari  berkata, “Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling tinggi takwanya pada Allah, yaitu dengan menunaikan berbagai kewajiban dan menjauhi maksiat. Bukan yang paling mulia dilihat dari rumahnya yang besar atau berasal dari keturunan yang mulia.”
(Tafsir Ath Thobari, 21:386)

3.  Akhlak terpuji adalah datang dari sifat takwa seseorang kepada Allah yang menjadi penghias dalam setiap amalnya. Kata Imam Al-Ghazali: “Sesungguhnya semua sifat yang ada dalam hati akan lahir pengaruhnya (tandanya) pada anggota manusia, sehingga tidak ada suatu perbuatan pun melainkan semuanya mengikut apa yang ada dalam hati manusia.”

Firman Allah:

وَٱلۡبَلَدُ ٱلطَّيِّبُ يَخۡرُجُ نَبَاتُهُۥ بِإِذۡنِ رَبِّهِۦۖ وَٱلَّذِي خَبُثَ لَا يَخۡرُجُ إِلَّا نَكِدٗاۚ كَذَٰلِكَ نُصَرِّفُ ٱلۡأٓيَٰتِ لِقَوۡمٖ يَشۡكُرُونَ ٥٨

Dan negeri yang baik (tanahnya), tanaman-tanamannya tumbuh (subur) dengan izin Allah dan negeri yang tidak baik (tanahnya) tidak tumbuh tanamannya melainkan dengan keadaan gersang. Demikianlah Kami menerangkan tanda-tanda (kemurahan dan kekuasaan) Kami dengan berbagai cara bagi orang-orang yang  bersyukur (al-A’raf: 58)

4.  Dua perkara yang menjadi penyebab banyak manusia masuk neraka ialah  kesalahan dua rongga yang terbuka iaitu mulut (mengumpat, memfitnah, mengadu domba, berbohong dan lain-lain) dan kemaluan (ditempat atau dengan pasangan yang tidak halal).

Berusaha lah menjadi orang yang tercatat sebagai ahli surga dengan menjadi orang yang bertaqwa dan memiliki akhlak yang mulia. Peliharalah mulut dan kemaluan. InsyaAllah bahagia dunia dan akhirat.

0 comments:

Posting Komentar