300x250 AD TOP

Sabtu, 26 Mei 2018

Tagged under:

Sahur Adalah Waktu Yang Mustajab

ONE DAY ONE HADITS

Sabtu,  26  Mei  2018 M / 10  Ramadhan 1439 H .

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Dari Abu Hurairah, Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Allah Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap akhir sepertiga malam lalu berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka Aku pasti kabulkan untuknya.
Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku berikan kepadanya. Siapa saja yang memohon ampun kepada-Ku, Aku pasti mengampuninya.”

(HR Bukhari No:  1077) Status: Hadis Sahih

Kandungan hadits

1. Dari hadis tersebut, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa di sepertiga malam terakhir. Ketika bulan Ramadan, bangun di sepertiga malam terakhir tidak berat karena bertepatan dengan waktu sahur. Selain bangun untuk sahur, maka selayaknya kita manfaatkan juga untuk memajatkan doa  kepada Allah. Karena doa di sepertiga malam terakhir atau waktu sahur akan dikabulkan oleh Allah.

2. Sepertiga akhir malam adalah waktu istimewa untuk ahli ibadah (sekitar jam setengah tiga  malam hingga menjelang subuh).

3.  Waktu akhir sepertiga malam (waktu sahur) merupakan waktu mustajab karena seolah tidak ada jarak dan Allah Subhanahu wata'ala menyengaja menunggu orang-orang yang   berdoa.

4.  Waktu akhir sepertiga malam (waktu sahur) waktu Allah Subhanahu wata'ala mengampunkan dosa kepada yang memohon keampunan. Banyak-banyaklah mengucapkan istighfar

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون

Ketika waktu sahur (akhir sepertiga malam), mereka berdoa memohon keampunan”

  (QS. Adz Dzariyat: 18)

0 comments:

Posting Komentar