300x250 AD TOP

Jumat, 14 September 2018

Tagged under:

Siksa Neraka yang Paling Ringan

ONE DAY ONE HADITS
Jumat, 14 September 2018 / 5 Muharram 1440 H

إِنَّ النُّعْمَانِ بنِ بَشِيرٍ ، رضي اللَّه عنهما ، قال : سمِعتُ رسول اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم ، يقول: « إِنَّ أَهْوَنَ أَهْلِ النَّارِ عَذَاباً يَوْمَ الْقِيامَة لَرَجُلٌ يُوضَعُ في أَخْمَصِ قَدميْهِ جمْرَتَانِ يغْلي مِنْهُمَا دِمَاغُهُ مَا يَرى أَنَّ أَحداً أَشَدُّ مِنْه عَذَاباً ، وَإِنَّه لأَهْونُهُمْ عذَاباً » متفق عليه

Dari an-Nu’man bin Basyir radhiallahu ‘anhuma, katanya: “Saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda:
“Sesungguhnya seringan-ringan siksa ahli neraka pada hari kiamat itu adalah seseorang yang di bahagian bawah kedua kakinya diletakkan dua buah bara api yang dengannya itu dapat mendidihlah otaknya. Orang itu tidak meyakinkan bahwa ada orang lain yang lebih berat siksanya daripada dirinya sendiri-jadi ia mengira bahwa dirinya itulah yang mendapat siksa yang terberat, padahal orang itulah yang teringan sekali siksanya.” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:

1- Bahwa manusia akan diberi balasan kelak di akhirat, sesuai dengan amal perbuatannya selama menjalani hidup di dunia. Adapun orang2 yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, maka ia akan dimasukkan ke dalam surga. Sedangkan orang yang mengingkari Allah dan Rasul-Nya serta tidak mengimani adanya hari akhirat, atau juga orang yang bergelimang dengan perbuatan maksiat serta melanggar hukum dan larangan Allah Swt, maka kelak ia akan dimasukkan ke dalam kobaran api neraka, na'udzubillahi min dzalik.
2- Bahwa siksa dan azab di dalam neraka sangatlah pedih. Gambarannya demikian menakutkan sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Sunnah. Dan bentuk azab neraka yang paling ringan adalah sebagaimana dijelaskan dalam hadits diatas, yaitu seseorang yang diperintahkan untuk memakai sandal yang terbuat dari bara api neraka. Dimana ketika ia memakainya, panas dari bara sandal tersebut akan membuat darah dalam tubuhnya mendidih, kemudian karena demikian panasnya darah tersebut, lalu darahnya naik ke otaknnya, sehingga otak dan kepalnya menjadi pecah tak kuasa menahan panasnya darah yang mendidih dalam tubuhnya. Na'udzubillahi min dzalik.
3- Maka hendaknya setiap kita selalu berusaha menjaga diri dan keluarganya dari dahsyatnya azab neraka, dengan cara memperbaiki  iman yang benar-benar tauhid dan memperbanyak ibadah, melakukan amal shaleh, melaksanakan segala perintah Allah dan berusaha menjauhi segala larangan-Nya, serta senantiasa memperbanyak istighfar dan taubat kepada Allah Swt.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:

1- Yakni amalkanlah ketaatan kepada Allah dan hindarilah perbuatan-perbuatan durhaka kepada Allah, serta perintahkanlah kepada keluargamu untuk berzikir, niscaya Allah akan menyelamatkan kamu dari api neraka.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.[At-Tahrim-6]

2- Masuk neraka adalah kerugian yang amat besar.

قُلْ إِنَّ الْخَاسِرِينَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ وَأَهْلِيهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ أَلَا ذَٰلِكَ هُوَ الْخُسْرَانُ الْمُبِينُ

“Katakanlah, ‘Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat. Ingatlah yang demikian itu adalah kerugian yang nyata’” (QS. Az-Zumar: 15).

3- Kesuksesan yang sebenarnya, bila seseorang besok dihari kiamat dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga-Nya.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang bernyawa akan merasai mati, dan bahwasanya pada hari kiamat sajalah akan disempurnakan balasan kamu. Ketika itu siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke surga maka sesungguhnya ia telah benar-benar selamat. Dan (ingatlah bahwa) kehidupan di dunia ini (meliputi segala kemewahannya dan pangkat kebesarannya) tidak lain hanyalah kesenangan bagi orang-orang yang terpedaya.
[Surat Ali 'Imran 185]

0 comments:

Posting Komentar