300x250 AD TOP

Selasa, 11 Desember 2018

Tagged under:

Enggan Masuk Surga

ONE DAY ONE HADITS

Selasa,  11 Desember 2018 M / 3 Rabiul Tsani 1440  H

بِسْـمِ اللّهِ رَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ يَأْبَى قَالَ مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Setiap umatku akan masuk surga kecuali yang enggan, " Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, siapa yang enggan?" Nabi menjawab: "Siapa yang taat kepadaku masuk surga dan siapa yang menghindar dari ku dialah orang yang enggan."

(HR Bukhari No: 6737)

Kandungan hadits:

1.  Setiap umat Nabi Muhammad SAW akan masuk ke surga dengan syarat mentaati dan mengikuti apa yang ditunjukkan Rasulullah SAW. Melaksanakan segala perintah dan meninggalkan segala yang dilarang.

2.  Taat dan patuh itu antaranya dengan mentauhidkan Allah serta istiqamah dalam mengimplementasikan keyakinannya tersebut.

3.  Bukti mentaati Rasulullah shalallahu alaihi wasallam adalah mengikuti syariat Allah seperti menunaikan shalat, mengeluarkan zakat, melaksanakan puasa Ramadhan, haji, dan  perbuatan baik lainnya.

4.  Orang yang enggan dan tidak mau mentaati syariat yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW adalah orang yang enggan untuk masuk surga. Orang tersebut mencegah dirinya untuk masuk ke dalam surga dengan melakukan amal ibadah yang tidak dituntunkan dan meninggalkan syariat yang diwajibkan.

5.  Wajib bagi setiap muslim untuk mentaati syariat Allah, serta mengikuti Nabi Muhammad SAW dalam setiap syariat yang akidah dan ibadah.

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya”.

(Al Hasyr: 7)

0 comments:

Posting Komentar