300x250 AD TOP

Sabtu, 02 Desember 2017

Tagged under:

Nyamuk dan Kuasa Allah Subhanahu Wata'ala

ONE DAY ONE HADIST

SABTU,  2 DESEMBER 2017 M/ 13  RABIUL AWAL 1439 H

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ كَانَتْ الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِنْدَ اللَّهِ جَنَاحَ بَعُوضَةٍ مَا سَقَى كَافِرًا مِنْهَا شَرْبَةَ مَاءٍ وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] telah menceritakan kepada kami ['Abdul Hamid bin Sulaiman] dari [Abu Hazim] dari [Sahl bin Sa'ad] dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: "Seandainya dunia itu di sisi Allah sebanding dengan sayap nyamuk tentu Allah tidak mau memberi orang orang kafir walaupun hanya seteguk air." Dan dalam bab ini ada hadits dari Abu Hurairah, Abu Isa berkata: Hadits ini shahih gharib dari jalur sanad ini.

Hadits Tirmidzi Nomor 2242

Allah SWT membandingkan antara dunia disepadankan bahkan kurang  dibandingkan sebelah sayap nyamuk, hal ini dimaksudkan agar orang beriman tidak terpesona lalu terjebak pada pola hidup  mendahulukan dunia. Ada yang sibuk bekerja dari pagi hingga malam hari, ada yang lupa dengan sanak famili karena kesibukan mencari harta, ada pula yang hingga bermusuhan dengan sesama karena memperebutkan dunia, bahkan ada yang mau menggadaikan harga diri dan agama untuk mendapatkan dunia. Semuanya terjadi karena sudah begitu terpesona dengan kehidupan dunia yang memikat itu.

Tempat tinggal yang megah, anak-anak dan pasangan hidup yang cantik dan rupawan, status sosial, dsb. Bahwa itu semua adalah perhiasan dunia, yang dalam al Quran di katakan sebagai permainan yang menipu.

Selain perumpamaan tersebut, juga Allah mengumpamakan dunia  seperti tanaman di ladang yang mengagumkan para petani akan tetapi kemudian akan menguning dan hancur. Allah pun mensifati dunia sebagai kesenangan yang menipu. FirmanNya:

    “Kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.”(QS. al-Hadid: 20).

Nabi saw. juga menyampaikan pandangan Allah SWT. 
yang melalaikan, perhiasan, dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak,” (QS. al-Hadid: 20).

Selanjutnya, hadits tersebut berbicara tentang sayap nyamuk, nah,
ketika membaca ayat Al Qur'an dan Hadits Shahih tentang NYAMUK. Maka dalam hati hamba yang beriman akan merasa penasaran dengan maksud kandungan ayat dan hadits tersebut.

Dalam ayat al Qur'an berikut ini Allah SWT berfirman

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَن يَضْرِبَ مَثَلًا مَّا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ 

Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa NYAMUK atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka (QS. Al Baqarah: 26)

Pada Buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah mengungkap banyak hal tentang nyamuk yang hampir-hampir tidak bisa dipercaya oleh nalar manusia.

Seekor nyamuk diletakkan di bawah mikroskop, diperbesar 400 kali!

Ternyata pada seekor NYAMUK yang sekecil itu (berat nyamuk yg hanya 0,001 gram) di kepalanya terdapat 100 lebih mata.

Di mulutnya ada 48 gigi. Di dadanya ada 3 buah jantung, ditiap jantung ada 2 atrium, 2 bilik jantung, dan 2 katup jantung.  Satu jantung sebagai pusat, sedangkan dua jantung yang lain untuk mengatur kedua sayapnya.

Nyamuk mempunyai radar yang dapat mendeteksi berbagai hal. Dengan radar itulah nyamuk mendeteksi suatu objek dengan cara merasakan suhu yang dipancarkan oleh objek tersebut.

Nyamuk mempunyai organ yang dapat mengencerkan darah yang disedotnya dari tubuh manusia, sehingga darah itu mengalir dengan mudah melalui sungutnya yang halus. Nyamuk juga memiliki organ yang bisa membius.

Seandainya nyamuk membenamkan sungutnya ke kulit orang yang tidur dan orang itu bisa merasakan gigitan tersebut, tentu nyamuk langsung dibunuh sebelum sempat mengambil sedikit pun darah dari orang itu.

Dan...
Belalai nyamuk memiliki 6 buah pisau! 4 buah pisau untuk membuat luka berbentuk segi empat sedang 2 pisau membentuk lubang sesuai tabung penghisap darah

Di kaki nyamuk terdapat cakar dan terdapat alat seperti bekam sehingga dapat menempel di tempat yg licin.

Kecepatan kepak sayap nyamuk mencapai 600 kepakan per detik. Oleh sebab itu, kepakan sayap nyamuk bisa menimbulkan suara dengungan.

Umumnya nyamuk dikenal sebagai serangga penghisap darah dan hidup dari darah yang diisapnya. Namun, informasi tersebut tidak benar. Sebab, hanya nyamuk betina yang mengisap darah. Ia mengisap darah bukan untuk dimakan, karena makanan nyamuk pada umumnya adalah sari-sari bunga.

Nyamuk betina mengisap darah karena sedang bertelur, dan telur itu membutuhkan protein untuk tumbuh. Dengan demikian, nyamuk menjaga kelangsungan generasinya dengan cara seperti ini.

Nyamuk dapat menularkan penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah, demam berdarah dengue (DBD), dan kaki gajah. Sehingga banyak manusia yg meninggal dan tak berdaya dengan hanya seekor nyamuk.

Demikian sebagian kecil keistimewaan NYAMUK ...

Sungguh Maha Suci Allah dan Maha Besar, tidak ada yg sia-sia dalam ciptaan-Nya. Semoga NYAMUK yg kecil ini bisa menambah keimanan kita kpd Allah Subhanahu wa ta'ala.

Wallohu'alam

0 comments:

Posting Komentar