300x250 AD TOP

Kamis, 29 September 2022

Tagged under:

Siap Menjadi Mukmin Sejati?

Oleh: Titi Hutami

Setiap muslim tentu berharap dirinya menjadi mukmin sejati. Harapan ini lahir dari adanya keyakinan bahwa menjadi mukmin sejati akan mengantarkan pada kehidupan yang lurus dan menentramkan. Di samping adanya harapan kelak akan meraih pahala yang dijanjikan Allah SWT.

Menjadi mukmin sejati mudah diwujudkan, asal ada tekad yang kuat. Tapi tekad yang kuat tidak muncul dengan sendirinya. Tekad kuat membutuhkan juga pemahaman aqidah yang sohih (benar).

Aqidah yang sohih meliputi keyakinan terhadap keberadaan Allah SWT, para nabi dan rasul-Nya, malaikat - malaikatNya, kitab-kitabNya, hari kiamat, serta adanya qadha dan qadar.

Selanjutnya karakter mukmin sejati dapat dipelajari dari nash-nash atau sumber tuntunan Islam yang tidak asing bagi setiap muslim, yakni Al Qur'an dan hadits.

Dari Al Qur'an, karakter mukmin sejati tertuang pada surat At Taubah ayat 71:

وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنٰتُ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۘ يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ ۗاُولٰۤىِٕكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّٰهُ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

"Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana."

Ayat tersebut di atas menjelaskan karakter mukmin sejati, di antaranya:
1. Menjadi penolong sesama muslim
2. Amar ma'ruf nahi munkar
3. Melaksanakan sholat
4. Menunaikan zakat
5. Mentaati Allah dan Rasul-Nya.
Jika kelima karakter ini terpenuhi, maka Allah SWT akan memberikan rahmat-Nya. 

Mari kita bercermin, sudahkah kita menghiasi diri dengan senantiasa peduli pada keadaan umat saat ini.

Sudahkah kita masuk pada barisan pengemban dakwah, yang senantiasa melakukan amar ma'ruf nahi munkar.

Sudahkah kita melaksanakan sholat dengan tertib dan khusu', serta membersihkan harta kita dengan zakat.

Sudahkah setiap aktivitas kita sejalan dengan aturan-aturan syariat Islam, sebagai bentuk ketaatan pada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Jika semua sudah sesuai, maka seperti janji Allah SWT di surat at Taubah ayat 71, rahmat Allah akan memenuhi kehidupan kita, dunia dan akhirat.

Jika beberapa kriteria di atas belum terpenuhi, masih ada waktu untuk mengupayakannya. Tidak ada kata terlambat. Segera secepatnya kita mengamalkan semua ketentuan di atas, untuk menjadi mukmin sejati.

Wallahu a'lam.

0 comments:

Posting Komentar